Part 1 - Pengenalan Tombol Keyboard yang Sering di Gunakan

Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Pertemuan pertama ini kita masuk pada materi tentang pengenalan Tombol-tombol pada keyboard yang utama dan paling sering di gunakan. Jadi sebelum belajar tentang microsoft word saya harapkan anda sudah tahu dan memahami fungsi tombol yang ada di papan ketik atau keyboard.



Supaya apa?

Supaya kamu nanti tidak kebingungan dalam mengoprasikan microsoft word nya. Oh iya, tidak peduli microsoft office berapa yang kamu gunakan , mau 2007, 2010, 2013, 2016 dst. Fungsi  tombol ini akan sama saja, Jadi usahakan di pahami ya ^_^.


Pengenalan Keyboard


Sudah tahu yang namanya keyboard?

Mudahnya, keyboard yaitu papan ketik, atau perangkat yang berisi tombol untuk mengetik. Lebih lengkapnya keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.

Keyboad dalam bahasa indonesia artinya papan tombol jari  atau papan tombol. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dan karakter khusus seperti : !@#$%^^&*():">< dst.

serta tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada mesin ketik  jumlah tombolnya  adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, namun saat ini bentuknya variatif.

Fungsi Tombol Utama

Adapun fungsi tombol utama pada saat mengoprasikan microsoft word pada umumnya adalah sebagai berikut :

Nama TombolFungsi Tombol
EnterDalam pengoprasian microsoft word Tombol Enter bersungsi untuk Berpindah Paragraf / Berpindah Baris. Diluar dari itu fungsi enter sama dengan pilihan tombol OK atau menyatakan bahwa operasi yang dilakukan telah selesai.
BackSpaceBerguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol BackSpace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor akan Terhapus. Atau lebih singkatnya (*Untuk menghapus huruf disebelah kiri kursor.)
DeleteBerguna pada saat proses pengetikan Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kanan atau di tempat dimana kursor berada akan Terhapus. Atau lebih singkatnya (*Untuk menghapus huruf disebelah kanan kursor.)
CapsLockTombol capslock berfungsi untuk mengaktifkan huruf menjadi Kapital/ besar. Biasanya jika aktif di tandai dengan indikator lampu hidup di bagian atas keyboard.
TabFungsi Tombol Tab yaitu untuk membuat baris kalimat lebih menjorok kedalam (5-15 spasi). Atau dengan menekan tombol tab berarti pindah ke field/daerah isian selanjutnya. 
CtrlTombol Ctrl ini akan berfungsi jika penggunaannya dipasangkan / dikombinasikan dengan tombol lain. Misalnya Ctrl+C yang berguna untuk menyalin suatu objek yang di tunjuk/diblok/diseleksi. Kemudian nantinya bisa di salinkan/paste pada area kerja yang di tentukan dengan menggunakan fungsi tombol Ctrl+V.
ShiftTombol shitt juga sama dengan tombol Ctrl, tombol ini akan berfungsi jika penggunaannya di kombinasikan dengan tombol lain. Misalnya kira akan mengetik karakter seperti buka kurung tutup kurung ( ) atau tanda petik " dan lainnya. Kita bisa menekan tombol Shift kemudian tekan Tombol Karakter yang di inginkan.

Fungsi Tombol Kombinasi

Tombol kombinasi merupakan 2 buah tombol pada keyboard yang tekan secara bersamaan. Yang pada umumnya menggunakan fungsi tombol Ctrl+ (tombol lain). Berikut ini beberapa tombol kombinasi yang sering di gunakan dalam mengoprasikan microsoft word.

Kombinasi TombolFungsi Tombol
Ctrl + AUntuk menyeleksi/memblok seluruh tulisan/karakter
Ctrl + CUntuk menyalin objek/tulisan/karakter yang terseleksi
Ctrl + XUntuk memindah/memotong objek/tulisan/karakter yang terseleksi
Ctrl + VUntuk menempelkan hasil copy/cut
Ctrl + SUntuk menyimpan file/dokumen aktif yang telah dibuat.
Ctrl + ZUntuk mengembalikan perintah sebelumnya (Undo)
Ctrl + YUntuk mengembalikan perintah sesudahnya (Redo)

Info : Sebenarnya masih banyak sekali tombol kombinasi yang dapat kamu gunakan. Namun beberapa tombol kombinasi diatas merupakan tombol kombinasi dasar yang menurut saya paling perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Mungkin beberapa waktu yang akan datang list tombol kombinasi nya akan saya update. Tapi sementara itu dulu ya.

Tombol Karakter (":()*&^% dst.)


Untuk menggunakan tombol karakter kamu bisa menggunakan kombinasi fungsi tombol Shift + (Tombol lain).

Kombisai TombolFungsi Tombol
Shift + 1 Karakter !
Shift + 2Karakter @
Shift + 3Karakter #
Shift + 4Karakter $
Shift + 5Karakter %
Shift + 6Karakter ^ 
Shift + 7Karakter &
Shift + 8Karakter *
Shift + 9Karakter (
Shift + 0Karakter )

Info : Untuk karakter lainnya seperti tanda : " } silahkan explore sendiri, sudah tahu kan caranya ?

Baiklah terimakasih, cukup sekian materi tentang pengenalan tombol, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa belajar dan terus belajar, hafalkan fungsi-fungsi tombol di atas agar kamu cepat mahir dalam mengoprasikan microsoft office word, power point ataupun excel.

Sampai jumpa pada pertemuan ke 2 | Pengenalan Microsoft Word